Sunday 31 December 2017

WEEKEND WELL SPENT AT MUSEUM MACAN




Beberapa weekend yang lalu, saya, suami dan vidic main ke Museum MACAN (Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara) yang baru dibuka di Jakarta Barat. Saya langsung tertarik waktu tau kalau ada museum baru buka di Jakarta, karena memang lagi cari alternatif tempat hiburan lain di Jakarta selain mall, apalagi semenjak punya bayi, sebisa mungkin gak sering-sering ke mall. Museum Seni Kontemporer memang selalu menarik, apalagi untuk yang bekerja di bidang kreatif seperti saya dan selalu butuh inspirasi baru. Senang banget waktu kesini karena tempatnya masih baru dan rapi. Beberapa orang bahkan bilang kalau museum ini bagus dan menyamai standar museum internasional.





Koleksi di Museum MACAN berfokus pada seni modern dan kontemporer dari Indonesia, Eropa, Amerika, dan Asia. Pameran pertama di Museum Macan bertajuk "Art Turns World Turns", menampilkan 90 karya seniman Indonesia dan internasional, seperti karya-karya Affandi, Raden Saleh, Damien Hirst, AD Reindhart, Andy Warhol, Takashi Murakami, dan tentu saja yang jadi favorit: Infinity Room - nya Yayoi Kusama.

Favorit saya sendiri adalah karyanya Takashi Murakami dan Damien Hirst yang biasanya cuma liat dari foto-foto rumah artsy di Archdigest aja, hihi.. Lalu karyanya Jean-Michel Basquiat yang selalu keren. Selain itu ada juga salah satu seri black painting nya AD Reindhardt, bikin penasaran dan terkagum-kagum. Kalau karyanya Yayoi Kusama jangan ditanya, pasti selalu jadi favorit. Semoga suatu hari nanti bisa ke Jepang, ke museumnya Yayoi Kusama! Aamiinn :) #doa #kode :D









Kami mengunjungi museum ini pagi hari sekitar jam 10, beberapa saat setelah jam museum buka, untuk menghindari antrian yang panjang terutama kalau weekend. Benar saja, begitu sampai disana, antrian masuk sudah cukup ramai. Untungnya kami sudah beli tiket online jadi hanya tinggal menunjukkan barcode tiket dari email saja. Antrian Infinity Room yang sepertinya menjadi tujuan utama kebanyakan pengunjung, sudah mulai ramai! Kami mengantri untuk Infinity Room sekitar 45 menit -1 jam, yang bisa dibilang terhitung cepat dibanding dengan pengalaman pengunjung lainnya yang datang di lain waktu. 1 jam antri untuk 30 detik di dalam ruangan. Puas? Nggak. Hehe. Tapi saya bisa bilang, it's worth the hype!

Walaupun saya pernah sekolah arsitektur, saya rasanya gak punya kapasitas untuk menilai standar lighting museum seperti apa, tapi menurut saya pribadi, rasanya masih agak terlalu gelap walaupun untuk menikmati karya sudah cukup nyaman. Areanya juga luas, jadi untuk Buibu yang mau bawa anak pakai stroller bisa banget. Walaupun luas, gak bisa dipungkiri banyak yang datang kesana untuk foto-foto (termasuk saya juga sih hehe), tapi jadinya mau menikmati karya agak kurang puas karena baru sebentar udah ada yang pengen foto-foto, atau misalnya mau lihat-lihat lukisan sambil berkontemplasi pasti susah deh soalnya banyak yang seliweran. Kesimpulannya: ternyata jaman sekarang anak muda udah pada punya kamera mirrorless semua ya.... Hahaha.









Overall, saya suka tempat ini, recommended! Bangunan baru, AC nya dingin (alhasil Vidic sepanjang di museum sukses tidur nyaman di pelukan kangguru ayahnya), spacenya cukup luas, karya-karyanya menarik, ada nursing room walaupun hanya 1 kursi dan gak ada tempat ganti popok. 

Museum ini juga menjual beberapa barang merchandise buatan lokal yang menarik. Selain itu, Museum MACAN juga merupakan museum yang ramah anak! Ada penjelasan karya khusus untuk anak-anak dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak. Ada juga Ruang Seni yang diperuntukkan bagi anak-anak. ini seru banget! Di ruangan ini, selain terpajang pula karya seni, kita sebagai pengunjung bisa melakukan aktivitas seperti menggambar, mewarnai, dan prakarya lainnya yang berhubungan dengan seni yang sedang ditampilkan. Seru ya, pasti anak-anak suka banget! Saya aja suka, hihi. 









Yang belum mampir kesini, boleh loh dicoba, seru dan menghibur. Museum ini cocok untuk tempat hiburan alternatif bersama keluarga, anak, dan teman di Jakarta saat weekend (ataupun weekdays!). Semoga semakin banyak yaa tempat seperti ini di Jakarta, jadi mainnya gak ke mall lagi mall lagi. :) 


AKR Tower level MM
Jalan Panjang No. 5 Kebon Jeruk
Jakarta Barat 11530 Indonesia

Jam Operasional Museum
Selasa - Minggu
Setiap Senin tutup
10.00 - 19.00 WIB

Akses masuk dan penjualan tiket ditutup pukul 18.00
Antrian Infinity Room ditutup pukul 17.00

Harga Tiket Masuk
Dewasa: IDR 50.000
Pelajar/Senior: IDR 40.000
Anak: IDR 30.000
Anak dibawah 2 tahun: Gratis

http://www.museummacan.org


No comments: